.

.

Monday, October 10, 2011

SPSS(Sharing Pengalaman Seputar Skripsi) Versi II

DAFTAR PERTANYAAN & JAWABAN (LANJUTAN SPSS VERSI I)
4. Apa yang dipersiapkan saat seminar dan sidang?
Penguasaan materi mencakup masalah, teori, dan metodologi. Banyak hal yang mesti kita persipkan saat seminar :
  • Dari sisi program, usahakan saat seminar program kita sudah bisa berjalan dan ada output yang dihasilkan. Minimal 90 % program sudah selesai, lebih bagus lagi jika 100% sudah selesai sehingga setelah seminar kita tinggal memperbaiki kekeurangannya.
  • Dari sisi tulisan, periksa kembali tulisan khususnya handout yang akan dipakai untuk presentasi. Apakah ada salah ejaan, apakah alur penyampaiannya sudah mengalir, apakah isi yang kita sampaikan sudah benar.
  • Kuasai materi yang akan disampaikan.
  • Latihan presentasi di depan teman-teman agar saat seminar tidak grogi dan waktu yang disediakan pas.
Persiapan untuk sidang hampir sama dengan persiapan untuk seminar hanya ada beberapa tambahan seperti :
  • Kita harus menyelesaikan tulisan secara keseluruhan, periksa kembali draft tulisan yang akan diberikan ke dosen pembimbing dan dosen penguji, jangan sampai masih ada salah ejaan, tulisan tidak terstruktur, kalimatnya tidak baku, bahasanya kurang mengalir,dll.
  • Selesaikan program, buat skenario demo program dan lakukan latihan demo program secara terus-menerus karena waktu yang dialokasikan untu demo program pada saat sidang lebih banyak dibanding saat seminar.
  • Kuasai materi, seperti landasan teori, bahasa pemrograman, periksa dan pelajari kembali coding.
  • Persiapkan pertanyaan-pertanyaan yang kira-kira bakal ditanyakan oleh dosen penguji, diskusikan dengan dosen pembimbing karena mereka biasanya sudah mengenal karakter tiap-tiap dosen.
  • Sering-sering latihan presentasi.
5. Bagaimana menyeimbangkan kegiatan antara skripsi, kompre, kuliah, dan ibadah?
Kita buat jadwal agenda penyelesaian skripsi dan jadwal belajar kuliah dan persiapan kompre. Tepati jadwal tersebut, hilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan karena malah akan membuat kita keteteran. Begitu juga ibadah, saat adzan udah berkumandang, segera sholat. Jangan sampai karena kesibukan kita malah melalaikan ibadah, justru sebaliknya, momen-momen di tingkat 4 justru membuat kita semakin dekat dengan Sang Khalik karena kunci kesuksesan kita yang menentukan adalah Sang Khalik. Niatkan mengerjakan skripsi karena Allah sehingga bernilai ibadah dan kita lebih maksimal mengerjakannya daripada diniatkan hanya sekedar mengejar nilai. Untuk Kompre, belajar kelompok dan KSM sangat membantu.

                                         :: Semangat Merangkai Karya Angkatan 50 STIS::

1 comment: